Minggu, 08 Maret 2015

Pentingnya sinergitas dalam organisasi

organisasi merupakan sekumpulan individu yaang memiliku tujuan bersama dengan menentukan visi dan misi yang sama, demikianlah definisi organisasi yang sering di sampaikan, mari kita cermati, dari definisi tersebut ada hal yanng harus kita pahami, bahwa ketika berorganisasi berarti kita siap untuk melepaskan individu kita kemudaian menjadi sebuah kelompok, kemudian juga kita harus memiliki tujuan bersama dengan individu lainnya dalam organisasi, dan pencapaian dengan visi dan misi yang juga sama.
kesamaan visi dan misi dalam sebuah organisasi mutlak harus di pegang dan di pahami oleh seluruh anggota, karena tak mudah untuk menyamakan persepsi dan opini yang berkembang, maka visi dan misi dalam organisasi adalah tali perekat bagi seluruh anggota agar tunduk dan menyatu dalam satu tujuan bersama yaitu tujuan organisasi.
sayangnya, berapa banyak orang yang paham akan hal ini, padahal hal kecil yang akan membawa kepada sehatnya suatu organisasi adalah hal penting. kemampuan dalam menyamakan visi dan misi dan serta mewujudkan secara bersama tujuan maka organisasi akan semakin berkembang dan maju. sebaliknya jika ada beberapa anggota yang tidak paham dan memahami visi dan misi serta tujuan organisasi maka jangan pernah berharap organisasi bisa berkembang dan maju, yang ada adalah konflik internal yang tak kunjung selesai yang berujung kepda kongsi dan perpecahan, hingga bisa berakibat bubarnya organisasi.
lalu bagaimana menghadapi situasu seperti ini, hal yang harus dilakukan tentunya di perlukan seorang leader yang tangguh tegas dan bijak, apakah anggota yang tak mampu mengimbangi tetap ada di organisasi atau mungkin sebaliknya dikeluarkan, butuh keberanian dan ketegasan, dan tak ada hal yang lebih penting ketika satu orang yang tak bisa bekerjasama maka tentu leader harus memutuskan apakah akan terus memakainya atau berkonsentrasi pada yang banyak. oleh karenanya sinergitas antar anggota wajib di laksanakan dan harus terjadi,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar anda